Jangan Berdamai dengan Mafia : Surat untuk Indonesia dari Alien Yang Budiman

Teuku Muhammad Jafar Sulaiman 
Saat ini Indonesia sedang dalam kepayahan, sehingga Alien menawarkan bantuan. Alien adalah sebuah komunitas ditempat lain di semesta ini yang sudah punya peradaban sangat tinggi, mereka hidup dalam sebuah koloni dengan segala kecanggihan tekonologinya jauh melampaui segala kecanggihan teknologi manusia. Mereka juga hidup dalam sebuah pemerintahan kerajaan, tanpa demokrasi, tanpa sibuk persoalan agama, tanpa trias politika dan tanpa hidup dari hutang. Ketika dunia sedang dilanda pandemi, Alien tergerak untuk membantu manusia, namun diseluruh negara didunia, Alien hanya tertarik kepada Indonesia, mungkin karena sambil  searching, mereka melihat monas, mungkin pas pada saat pohon-pohon kayunya dicabut oleh Anis lalu membuat alien tertarik.
Sumber : Gatra
Dari tempatnya yang jauh, Alien sedang mengamati Indonesia, mengamati manusia selayaknya orang yang mengamati binatang di sebuah kebun binatang. Bisa jadi manusia sedang di evaluasi oleh Alien, belum tahu untuk tujuan apa. Alien mengirimkan pesan sekaligus menawarkan bantuan kepada Indonesia. Karena Alien tahu bahwa Indonesia sedang menghadapi banyak sekali permasalahan yang jumlah masalahnya  melampaui  jumlah 17.000 pulau yang ada.
Tidak tahu kenapa Alien bisa begitu cinta kepada Indonesia dan ingin membantu, bisa jadi karena Indonesia punya cadangan sumberdaya alam yang sangat dibutuhkan bagi kehidupan dunia bahkan kebutuhan semesta kedepan, dan Indonesia punya itu semua. Atau bisa jadi Alien tersebut ingin melakukan kebaikan, beramal jariyah, ibaratnya Indonesia saat ini seperti mustad’afin yang butuh uluran bantuan.
Melalui kontak khususnya, Alien menawarkan beberapa bantuan untuk Indonesia untuk beberapa hal, diantaranya : Pertama, Alien melihat bahwa Indonesia lebih kewalahan melawan para mafia daripada melawan corona, berarti mafia adalah persoalan besar yang dihadapi bangsa Indonesia sepanjang hayatnya, dan alien akan memberantas mafia disegala sektor kehidupan berbangsa dan bernegara sampai ke akar-akarnya. Kedua, masalah Indonesia berikutnya adalah taipan-taipan yang ingin menguasai dan menyitir pemerintahan untuk kepentingan, keuntungan bisnis dan untuk kekayaan mereka, Alien akan melawan taipan-taipan ini dan juga akan menumpas sampai keakar-akarnya. Ketiga, bantuan yang akan diberikan oleh alien adalah bantuan untuk mengungkap secepatnya misteri besar kekuasaan yang sedang terjadi di Indonesia, kegelapan besar yang sedang melanda kekuasaan Indonesia, misteri apa sebenarnya yang sedang terjadi dalam pemerintahan Indonesia, semua keadaan sampai begitu tidak jelasnya, apa yang sebenarnya terjadi, ada permainan apa, ada sandiwara apa, siapa yang bermain, sehingga semua serba tidak jelas, selalu berubah-rubah, pagi keputusannya A, sore sudah keputusannya B, seperti ada yang  disembunyikan, apakah Indonesia ini sebenarnya masih punya uang atau sudah tidak punya lagi uang, apakah masih kuat, atau sudah diambang kebangkrutan,?. Keempat, ketidak sinkronan ditubuh kekuasaan, baik antara Presiden dengan menteri, antara menteri dengan para Bupati, anatra meneteri dengan Gubernur, dan sebagainya. Presiden bilang seperti ini, menteri bilang seperti itu, antara menteri dan bupati juga tidak sinkron, alien sangat heran dengan pola komunikasi seperti ini, karean dikoloni alien ketidak sinkronan ini mustahil terjadi.
Keempat persoalan alien diatas adalah persoalan yang sangat menyengsarakan rakyat Indonesia, sehingga jika tidak secepatnya diselesaikan maka ini akan menjadi kesengsaraan 7 turunan, akan menjadi kesengsaraan 7 generasi berikutnya. Semua fakta ini membuat alien penasaran untuk mengungkap dan menyelesaikan secepatnya, tentu model kerja alien membongkar misteri ini tidak melalui survey, pooling atau metode lainnya, alien masih merahasiakan cara kerja mereka karena ingin memberikansurprise dan alien berjanji akan secepatnya mengungkap misteri ini
Namun, disamping semua bantuan diatas, mereka juga mengevauasi seluruh sistem bernegara dan berbangsa Indonesia, banyak sekali persoalan Indonesia yang belum selesai dan jika tidak segera diselesaikan akan terus berlarut dan semakin membesar. Ada beberapa persoalan krusial Indonesia yang dievaluasi oleh alien, diantaranya :
(1), ada sebuah pasal dalam UUD 1945 yang menyatakan bahwa semua kekayaan negara, missal air, udara, minyak itu dikuasai negara. Sementara negara itu siapa ?, Negara itu pemerintah. Pemerintah itu oknum. Oknum itu dari patai, maka kemudian yang menguasai di subkontrakkan kepada orang-orang. Maka sampai sekarang terjadi skandal keuangan negara yang luar biasa. Atas nama negara, seenaknya saja menjual izin, padahal yang bermain oknum. Dibeberapa negara yang maju, jika ada sumber minyak, maka itu milik rakyat, tapi pajaknya tinggi, kalau di Indonesia, semua diambil negara. Contohnya adalah hutan di sumatera, dulu hutan ini sudah dipetakan Jakarta dan dibagi-bagi berdasarkan kepentingan tertentu, padahal sejatinya hutan itu milik penduduk yang sekian lama telah merawatnya. Setelah aksi bagi-bagi selesai, maka diciptakanlah HPH, lalu dikontrakkan, disbukontrakkan atas nama negara, padahal pelakunya adalah oknum, ini sudah kadung terjadi, akibat kesalahan masa lalu yang terus berlarut-larut sampai sekarang.
(2) Indonesia belum punya tradisi bernegara (citizenship), tetapi punya tradisi komunal yang tinggi. Karena belum ada tradisi bernegara, maka akan mudah marah, mudah mengamuk, mungkin karena warisan kolonial. Indonesia memang sudah sebuah negara, tetapi sebagai sebuah bangsa, belum tentu. Kalau sekarang kita tanya kepada seorang petani diwilayah pelosok dan pedalaman Aceh, “Bapak orang Indonesia?”, bisa jadi pertanyaan itu akan dianggap aneh dan bisa jadi jawabannya tidak. Kalau memang benar dia seorang Indonesia, apa yang membuat bapak ini bangga dengan Indonesia, apa yang mengikat dia , ini perlu terus dipertanyakan. Apalagi dengan gejala Jawa sentris, semua terpusat di Jawa, walaupun secara politik bahasa itu tidak terjadi, atau misalnya ketika kita ke Papua, disana ada teman kita orang Papua yang pakai Koteka sebagai kedaulatan kebudayaannya, lalu kita bertanya, “Anda orang Indonesia ?”, kita tidak tahu jawabannya apa, misteri, karena semua yang alami pasti akan muncul kepermukaan, dan segala rekayasa tidak akan tejadi.
Bagi alien, saat ini Indonesia belum bisa mempraktekkan demokrasi yang mumpuni, masih terus belajar berdemokrasi dan demokrasi di Indonesia sebenarnya masih demokrasi jaman tak enak, yaitu demokrasi yang harus selalu punya tumbal korban jiwa manusia dan harta benda. Bagi alien, demokrasi itu sontoloyo, demokrasi itu kolonialisme baru yang berbasih individu, sedangkan keaslian Indonesia adalah musyawarah yang berbasis pada komunal. Oleh karena itu, setelah semua bisa diselesaikan oleh alien tersebut dan agar Indonesia tidak terjebak lagi pada persoalan-persoalan konflik, mereka menawarkan beberapa hal untuk Indonesia, diantaranya :  
Pilpres adalah sumber malapetakan bagi Indonesia, setiap 5 tahun sekali selalu rebut dan ributnya itu tidak selesai setelah presiden terpilih, bahkan terus terjadi sepanjang hayat. Indonesia selalu menyediakan uang yang besar untuk penyelenggaraan pilpres, hasilnya : ribut, konflik, kekacauan ketika pilpres maupun setelah pilpres, bagi Alien, ini adalah sebuah kesia - siaan. Presiden 5 tahun sekali, paling bisa dua periode, perubahan apa yang bisa dihasilkan dalam 10 tahun, ganti presiden berubah lagi, bagi Alien cocoknya presiden itu jangan lagi dipilih secara lansung, tetapi melalui perwakilan saja, biar dilokalisir saja konfliknya, tidak melebar dan meluas, alien menawarkan ini karena, berdasarkan analisis yang paling canggih, kondisi Indonesia tidak akan berubah, sehingga alien frustasi melihat kondisi berbangsa dan bernegara Indonesia disetiap pilpres. Tidak ada perputaran ekonomi yang real, uang berputar hanya untuk orang-orang itu saja, dari timses ke timses, mulai dari pusat sampai daerah, semua sama saja, agamawan menggarong uang, politisi menggarong uang, mantan-mantan pemberontak menggarong uang, dilingkaran kekuasaan kebanyakan adalah penggarong uang rakyat, mulai dari milenial sampai kolonial, tidak ada yang namanya demi rakyat dan untuk rakyat. Alien heran misalnya dengan biaya pelatihan online yang dananya sampai 5,6 Trilyun, tarif listrik yang naik 2 kali lipat, para alien sampai bermuhasabah, kenapa bisa seperti ini Indonesia ?.
Semua dipunyai Indonesia, semua keperluan bagi kehidupan masa depan dunia ada di Indonesia, apa yang kurang dari Indonesia sehingga bisa seperti ini?. Berdasarkan alat membaca masa depannya yang canggih, alien akhirnya berkesimpulan bahwa setelah semua ini selesai, akan ada model kepemimpinan baru di tahun 2024 yang akan membuat Indonesia benar-benar maju, kuat dan berdaulat, sosok ini akan mengeasikan semua model dan gaya kepemimpinan yang telah berlansung selama ini, mulai dari Indonesia berdiri sampai kini, sosok ininantinya akan punya segalanya baik spiritualitas, intelektualitas, kapasitas, kemampuan analisis yang mumpuni, golden leadership dan lain sebagainya, intinya sosok yang paripurna.
Akhirnya, kita menunggu alien bekerja untuk menyelesaikan segalanya, karena mau minta bantuan kepada siapa lagi, penguasa pun tidak pernah sama sekali menjumpai Tuhan dan meminta bantuanNYa, akhirnya biarkan alien yang bekerja...

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url

Baca Juga Tulisan Lainnya :