Dunia Akan Baik Jika dipimpin Oleh Yang Muda

Semua perubahan didunia ini dilakukan oleh kaum muda baik kaum revolusioner kanan maupun revolusioner kiri, apakah kaum muda religius- spiritualis maupun kaum muda atheis. Kepemimpinan muda didunia saat ini, maupun pada periode sebelumya meneguhkan satu pesan bahwa tatanan dunia sudah sangat lelah dengan segala kepalsuan, kebohongan maupun hegemoni atas otoritas sejarah (yang kebenarannya harus di konfirmasi berulang-ulang) dari kaum tua yang terkadang tidak peka terhadap dunia yang telah berubah secara cepat dan tidak lagi sama. 

 

Kaum muda ini rata – rata menumbangkan kepemimpinan tiran sebelum matahari terbit esok hari. Barat memang berkuasa dan berdaulat penuh menjajah manusia dengan menumbangkan kerajaan – kerajaan diseluruh belahan dunia dengan slogan demokrasinya, amerika menerjemahkan demokrasi Yunani yag lumayan sakral menjadi profan, demikian juga eropa yang juga terbelah antara Barat dan Timur, baik liberal,, sentralisme demokrasi maupun sosialisme yang menjadikan demokrasi sebagai politibiro dan mono party, toh dijahitan terakhir baju raja-raja diluar Barat yang tumbang, Barat sampai saat ini ternyata masih bertahta dengan kerajaan-kerajannya, sebutlah Britania Raya, Swedia, Belgia, Belanda, Norwegia, Spanyol, Irlandia Utara, Denmark, Monaco dan Vatikan. 

 

Dalam sejarah dunia, dulu sampai kini, dunia mengenal kepemimpinan muda yang benar-benar merubah dunia, mereka menjatuhkan raja yang dianggap tiran dan kemudian mereka menjadi penguasan baru yang juga lebih tiran dari sebelumnya, dunia hanay dirubah dari baju kerajaan, berganti baju republik namun kelakuannya juag tetap sama, kecuali pada decade terakhir ini, yang cenderung lebih demokratis. 

 

Pada 31 Oktober 1922, setelah melakukan “Marcia su Roma” sebuah pawai yang berlansung dari 22 sampai 29 oktober 1922, dimana Partai Fasis Nasional (Partito Nazionale Fascista, atau PNF) pimpinan Benito Mussolini meraih kekuasaan di kerajaan Italia (Regno d'Italia). Setelah pawai yang menumbangkan kerajaan Italia ini, Mussolini diangkat sebagai Perdana Menteri oleh Raja Vittoria Emanuele III sebagai perdana Menteri termuda saat itu. Mussolini dan pengikutnya kemudian menyatukan kekuasaan melalui pencanangan sejumlah hukum yang mengubah bangsa Italia menjadi negara kediktatoran mono partai. Pada tahun 1929, Mussolini menandatangani  Perjanjian Lateran dengan Takhta Suci, yang melahirkan Kota Vatikan. 

 

Pemimpin termuda di era ketika dunia dilanda kegandrungan terhadap fasisme dan kediktatoran (yang selalu diwarnai dengan kudeta militer),   tercatat berusia 19 tahun, dialah Jean - Claude Duvalier, presiden termuda di dunia dari Haiti, salah satu negara penghasil gula terpenting bagi dunia. Ketika menjadi presiden diusia belia tersebut,  pemimpin inii mendaapt julukan "baby doc" akronim dari “day old chicken”(doc),  anak ayam yang berumur dibawah 10 hari. Dia menjadi presiden ketika mengambil alih kekuasaan setelah kematian ayahnya  Francois "Papa Doc" Duvalier pada tahun 1971, namun pada  tahun 1986 dia diguling militer Haiti, dengan dalil penindasan politik dan ekonomi yang dilakukannya. Jean kemudia melarikan diri ke perancis dan meninggal disana. 

Muammar khadafi adaalh sosok fenomenal lainnya yang menjadi presiden termuda libya, sang diktator ini berusia 27 tahun Ketika menjadi pemimpin Libya setelah melakukan kudeta militer tahun 1969 dan memerintah Libya selama 42 tahun (1969-2011), dia juga menobatkan dirinya sebagai panglima tertinggi militer dan ketua komando dewan revolusi. Sama seperti dictator muda lainnya, khadafi juga menggulingkan raja idris melalui kudeta militer.

Kim Jong Un adalah pemimpin muda dunia lainnya yang mirip menjadi Tuhan di negaranya, Korea Utara. Kim putra dari Kim Il Sung ini berusia 28 tahun Ketika menjadi pemimpin tertinggi Korea Utara. Dia adalah pemimpin yang paling misterius didunia, bahkan diakhirat mungkin. Hingga saat ini, tidak ada yang mengetahui kapan Kim Jong-un dilahirkan. Bahkan, di situs Wikipedia, tidak dijelaskan kapan Kim Jong-un pertama kali berada di Bumi. Beberapa media luar menyebut Kim Jong-un lahir pada 8 Januari atau 6 Juli 1982, mungkin 1983 atau mungkin 1984. Namun, tidak ada yang bisa memastikan kebenaran tersebut. Selain itu, masa kecil pemimpin Korea Utara itu masih menjadi misteri. Kim Jong Un tidak pernah mempublikasikan foto masa kecilnya. 

Kisah menarik lainnya adalah, pada 7 Juli 2012, Kim Jong-un rupanya pernah terlibat dalam pembuatan sebuah girlband Korea Utara yang bernama Moranbong Band. Ini merupakan girlband pertama yang ada di Korea Utara. Band ini beranggotakan lima wanita Korea Utara yang dipilih oleh Kim Jong-un. Selain memilih anggota, Kim Jong-un juga diklaim menciptakan beberapa lagu bagi Ratu K-pop Korea Utara itu, seperti “O My Motherland Full of Hope”, “Our Father dan We Think of the Marshall Day and Night”.

Pemimpin muda dunia lainnya tidak hanya yang berlatar belakang militer dan tidak mengenyam Pendidikan tinggi yang bergengsi, namun juga di isi oleh anak muda yang tampan dan berpendidikan tinggi, Jigme Khesar Namgyel Wangchuck adalah pemimpin muda dunia yang masuk kriteria ini. Dia menjadi Druk Gyalpo (Raja)  Bhutan ke-5 pada tanggal 14 Desember 2006, dan secara resmi dinobatkan pada 1 November 2008. Raja muda Bhutan, yang lahir di dechencholing palace pada 21 februari 1980 ini , menjadi pemimpin dalam usia 26 tahun, pada 9 desember 2006

Raja Jigme dan Ratu Jetsu Pema
Sumber : Google 


Raja yang pada tahun 2006 dijuluki pers Thailand sebagai “pangeran tampan”  ini  menempuh Pendidikan di Philips Academy Andevor, Massachusetts, Cushing Academy dan Wheaton College di Massachusetts, Amerika. Kemudian menempuh Pendidikan di Magdalen College, Universitas Oxford Inggris dan menyelesaikan program pelayanan luar negeri dengan gelar M.Phil. 

 

Raja Muda lulusan Oxford Inggris ini menikahi seorang perempuan muda dari kalangan rakyat biasa dan bukan berdarah biru, usia mereka terpaut 1o tahun dan karena cintanya kepada perempuan bernama Ratu Jetsu Pema ini, dia melepaskan hak kepemilikan selirnya sebagai raja dan dan bersumpah hanya menikahi Pema seumur hidupnya.  Pertemuan mereka pun terkesan sangat unik, Raja Jigme bertemu dengan perempuan berparas cantik dan anggun ini saat berusia 17 tahun dan Ratu Pema  pada saat itu masih berusia tujuh tahun di sebuah acara piknik. 

 

Raja Jigme yang sangat kagum akan kecantikan dan karisma Pema saat itu mengatakan, "Ketika kamu dewasa dan aku masih lajang dan tak menikah, aku ingin kau menjadi istriku." ucapan Raja Jigme kemudian menjadi kenyataan. Jigme berkata : "Sebagai ratuku, aku menemukan seseorang bernama Jetsun Pema. Dia masih muda, hangat, berhati baik dengan kebijaksanaan yang akan datang dari usia dan pengalaman. Aku tak tahu apa yang orang lain katakan mengenainya, tetapi aku melihat dia memiliki kualitas lengkap sebagai wanita yang harus kunikahi," tutur Raja Jigme saat mengumumkan pertunangannya.

 

Selain Margaret Tacher (inggris) , Angela Merkel (Jerman) atau Benazir Bhuto (Pakistan) sebagai pemimpin wanita Tangguh di dunia, era kini kita juga juga mengenal Sanna Mirella Marin, Perdana Menteri perempuan termuda di dunia dari Finlandia. Sebelum menjadi Perdana Menteri, Marin pernah menjabat sebagai Walikota Tampere pada usia 27 tahun.   Marin bergabung dengan Partai Sosial Demokrat di tahun 2006, dan menjadi Wakil Presiden Pemuda Sosial Demokrat dari tahun 2010 sampai 2012. Dalam Pemilu 2012, Marin terpilih sebagai anggota Dewan Kota Tampere. Usianya baru 27 tahun saat itu. Setahun kemudian, ia menjadi Wakil Ketua Dewan Kota Tampere, dan kembali terpilih dalam Pemilu 2017. Di tahun 2014 alumni University of Tampere ini terpilih sebagai Wakil Ketua Umum Partai Sosial Demokrat. Lalu di tahun 2015, saat usianya 30 tahun, Marin terpilih sebagai anggota Parlemen dari Distrik Pirkanmaa.

Sanna Marine 
Number : Google 

Icon Pemimpin mudia lainnya adalah Emmanuel Macron, pada tahun 2017 Macron terpilih sebgai presiden Perancis dalam usia 39 tahun, menariknya dia terpilih sebagai presiden dari calon independent dan hanya butuh persiapan satu tahun untuk maju sebagai kandidat presiden.  

 

Lalu bagaimana dengan Indonesia ? , tahun 2024, Indonesia akan dipimpin oleh seorang pemimpin muda nan tampan, berkharisma, punya wibawa, punya kecerdasan diatas rata-rata dan berusia 40 an….

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url

Baca Juga Tulisan Lainnya :